Sabtu, 19 Maret 2011

Perangkat Komputer, cara pengistalannya beserta Jaringan Komputer

Perangkat Komputer, cara pengistalannya beserta Jaringan Komputer

<!-- @page { margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } ></mce:style><style type="text/css" _mce_bogus="1"><! @page { margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } -->
3.1. Merakit PC
3.1.1. Pengenalan Hardware Komputer
Secara ringkas sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting, yaitu:
  1. CPU (Central Processing Unit)/ Processor
  2. Memori (RAM dan ROM)
  3. Input / Output
Dimana bagian CPU / Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Motherboard, selanjutnya akan terperinci sebagai berikut:
  1.  
    1. CPU (Central Processing Unit)/ Processor
Merupakan bagian utama / otak dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi data pada komputer.

  1.  
    1. Memori.
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat. Berdasarkan Kecepatan aksesnya dapat dibuat hirarki memori.
Selain menyatakan hubungan kecepatan, hirarki tersebut juga menyatakan hubungan-hubungan lain, yaitu:
  1.  
    1.  
      1. Hubungan Harga: Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan).
      2. Hubungan Kapasitas: Semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas.
      3. Hubungan Frekuensi pengaksesan: Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.

Setiap kali pemrosesan melakukan eksekusi, pemosesan harus membaca intruksi dari memori utama. Agar instruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.
  1.  
    1.  
      1.  
        1. Register Memori
Merupakan jenis memori dimana kecepatan akses yang paling cepat, memori ini terdapat pada CPU/Processor. Contoh: Register Alamat, Stak Pointer Register, Memori Adress Register, I/O Adress Register, Intruksion Register, dll.

  1.  
    1.  
      1.  
        1. Cache Memori.
Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal dari pada memori utama. Cache memori ini ada diantara memori utama dan pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditingkatkan. Cache Memori ini ada dua macam, yaitu:
  1.  
    1.  
      1.  
        1.  
          1. Cache Memori yang terdapat pada internal processor, cache memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, dan harganya sangat mahal. Hal ini bisa terlihat pada processor yang berharga mahal seperti P4, P3, AMD Athlon, dll. Semakin tinggi kapasitas L1 & L2 Cache memori maka semakin mahal dan semakin cepat proses data processor tersebut.
          2. Cache memori yang terdapat diluar processor, yaitu berada pada Motherboard, Memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, meskipun tidak secepat cache memori jenis pertama (yang ada pada internal processor). Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat. Hal ini bisa kita lihat pada motherboard dengan beraneka ragam kapasitas cache memori yaitu 256kb, 512kb, 1Mb, 2Mb, dll.

  1.  
    1.  
      1.  
        1. Memori Utama
Memori yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis-jenis memori utama adalah:
  1. ROM (Read Only Memori)
ROM (Read Only Memori) Adalah memori yang hanya bisa dibaca saja datanya atau programnya. Pada PC, ROM terdapat pada BIOS (Basic Input Output Sistem) yang terdapat pada Motherboard yang berfungsi untuk mensetting perirheral yang ada pada system. Contoh: AMIBIOS, AWARD BIOS, dll. Untuk BIOS terdapat beragam jenis diantaranya jenis flash EEPROM BIOS yang memiliki kemampuan untuk dapat diganti programnya dengan software yang disediakan oleh perusahaan pembuat Motherboard, yang umumnya penggantian tersebut untuk peningkatan unjuk kerja dari peripheral yang ada di Motherboard.

  1. RAM (Random Acces Memori)
RAM memiliki kemampuan untuk merubah data atau program yang tersimpan didalamnya. Ada beberapa jenis RAM yang aa di pasaran saat ini, antara lain:
  •  
    •  
      • SRAM
      • EDORAM
      • SDRAM
      • DDRAM
      • RDRAM
      • VGRAM
      • Dll.
Pada memori jenis RAM dikenal dengan istilah BUT SPEED, seperti PC 66, PC 100, PC 133, PC 400, dll, yang artinya adalah kecepatan aliran data atau program pada memori dimana semakin besar nilai BUS SPEED, maka akan semakin cepat akses terhadap memori tersebut.

  1.  
    1.  
      1.  
        1. Memori Sekunder
Memori sekunder merupakan memori tambahan yan befungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Harddisk, Floppy Disk, dll.

  1.  
    1. Input / Output Unit
Input / Output Unit merupakan bagian dari komputer untuk menerima data maupun mengeluarkan / menampilkan data setelah diproses oleh processor. Untuk mempermudah pembahasan tentang Input / Output unit, pada pembahasan ini dijelaskan dalam dua bagian, yaitu:
  1. Port I/O
Port I/O merupakan port atau gerbang atau tempat dipasangnya konektor dari peralatan I/O di bawah kontrol processor.
  1.  
    1.  
      1.  
        1. Port Pararel (LPT1 atau LPT2) Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara parallel. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah: Printer, Scanner, dll.
        2. Port Serial ( COM1 dan COM2) merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah: Mouse, Modem, dll.
        3. Port AT / PS2, umumnya digunakan untuk port dari Keyboard dan Mouse.
        4. USB Port (Univesal Serial Bus) port ini merupakan port serial univesal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan USB Port adalah Flash Disk, Camera Digital, dll.
        5. Port AGP merupakan port yang berhubungan langsung dengan monitor. Port AGP didapatkan Dari pemasangan VGA Card.
        6. Port Audio merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti Tape, Radio, Speaker, Mikrophone, dll.

  1. Peripheral I/O
Peripheral I/O adalah sesuatu yang mengacu ke peralatan external yang dihubungkan dengan komputer. Peripheral komputer dapat dibagi ke dalam dua kategori berdasarkan fungsi. Kategori pertama terdiri atas peralatan yang melaksanakan operasi input dan output, kategori ini meliputi keyboard, trackball, mouse, printer, dan display video. Kategori kedua terdiri atas peralatan yang diutamakan pada penyimpan data sekunder, yang mana penyimpan utamanya disediakan oleh memori utama komputer. Ada banyak sekali peralatan penyimpan seperti disk magnetik, optikal magnetik, optikal disk dan magnetic tapes, yang mampu untuk menyimpan data yang besar. Contoh-contoh peralatan umum yang digunakan pada Personal Komputer (PC):
  1. Keyboard
  2. Monitor
  3. Mouse
  4. Printer
  5. Scanner
  6. Disk Drive dan ZIP Drive
  7. CD ROM Drive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar