Selasa, 22 Maret 2011

10 jari

1. PENDAHULUAN
1.1 Deskripsi
Nama Modul : Keterampilan mengetik 10 jari
Kode Kompetensi : TIK.OP01.001.01
Ruang lingkup isi : • Dasar – dasar keyboard
o Pengertian dan pengenalan
Keyboard
o Pemasangan Keyboard
o Fungsi dan penggunaan keyboard
• Mengetik 10 jari
Kaitan Modul : Modul ini digunakan sebagai modul awal
untuk mata diklat KKPI sebelum
melanjutkan ke modul berikutnya.
Hasil yang
diharapkan
: Setelah mempelajari modul ini, peserta didik
diharapkan mampu:
a. menggunakan keyboard;
b. mengetik 10 jari dengan
menggunakan keyboard.
Manfaat di
Industri
: Setelah mempelajari modul ini, peserta didik
diharapkan untuk dapat:
a. berintegrasi dengan teknologi yang
telah diterapkan di industri dengan
mudah;
b. melaksanakan jenis-jenis pekerjaan
yang dibutuhkan di industri;
c. mengembangkan kemampuan diri
secara mandiri untuk mengikuti
perkembangan teknologi dan
informasi yang semakin pesat;
d. mengetik 10 jari dengan cepat, tepat
dan efisien.
1.2 Prasyarat
Untuk mempelajari modul ini tidak ada unit kompetensi dan
pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya.
1.3 Petunjuk Penggunaan Modul
Untuk peserta didik
1. a) Bacalah modul dengan seksama, terutama bagian instruksi.
b) Pahami tujuan anda mempelajari modul, sasaran yang
diharapkan, tingkat penguasaan yang diharapkan serta waktu
yang ditargetkan.
c) Kerjakanlah tugas dan latihan yang terdapat di dalamnya
dengan jujur tanpa melihat kunci jawaban sebelum anda
mengerjakannya.
d) Gunakan teknik membaca cepat dalam mempelajari modul.
e) Laporkan kemajuan anda kepada guru / instruktur sebelum
anda melanjutkan ke modul selanjutnya.
2. Anda diperbolehkan bertanya kepada guru / instruktur jika
dianggap perlu.
3. Usahakan menyelesaikan setiap modul lebih cepat dari waktu
yang ditetapkan
4. Jika ada bagian yang belum anda pahami, cobalah terlebih dahulu
mendiskusikan dengan teman yang sedang mengerjakan bagian
yang sama, sebelum anda bertanya pada guru / instruktur. Kalau
perlu, anda harus berusaha mencari tahu jawabannya pada
sumber yang lain.

5. Tingkat pemahaman minimal yang diharapkan sebesar 70%, jika
tingkat penguasaan anda kurang dari 70%, pelajari materi /
bagian – bagian dari modul yang belum anda kuasai, atau
mintalah remediasi dan saran – saran dari guru / instruktur. Ikuti
ketentuan yang berlaku dalam setiap modul sebelum anda
melanjutkan ke bagian lain atau ke modul berikutnya.
Untuk guru / instruktur
1. Guru / instruktur harus menguasai sepenuhnya isi modul dan
mempunyai daftar bagian modul yang mungkin sulit bagi peserta
didik dan mempersiapkan penjelasan / jawaban yang diperlukan.
2. Guru / instruktur harus mempunyai catatan posisi dan kemajuan
setiap peserta didik dan sekaligus memikirkan sumber informasi
lain yang dapat disarankan kepada peserta didik.
3. Guru / instruktur hendaknya dapat meningkatkan motivasi peserta
didik setiap saat terutama bagi peserta didik yang berhasil
(memberi pujian, penghargaan, hadiah kecil, dll).
4. Sebelum memberikan verifikasi keberhasilan peserta didik, guru /
instruktur harus mengevaluasi keberhasilan peserta didik dengan
memberikan pertanyaan, soal, test dan sebagainya yang telah
dipersiapkan terlebih dahulu.
5. Modul yang digunakan oleh peserta didik harus dimulai secara
berurutan.
6. Setiap satu modul selesai, peserta didik harus melaporkannya
kepada fasilitator dan diverifikasi oleh fasilitator melalui tes
sederhana, tanya jawab dan sebagainya.
7. Peserta didik ditugaskan untuk membuat rangkuman setiap modul
yang telah mereka pelajari.
8. Peserta didik dapat melanjutkan ke modul berikutnya setelah
diverifikasi.
9. Bila peserta didik dapat menyelesaikan seluruh modul dalam satu
tingkat dengan waktu kurang dari yang ditetapkan, maka mereka
diberikan modul pengayaan.
10. Modul ini merupakan edisi ketiga dari edisi awal materi kurikulum
2004. Oleh karena itu, guru / instruktur diharapkan:
a. membuat catatan rinci mengenai kekurangan modul ini ;
b. Menambahkan materi yang dianggap lebih baik dari yang ada,
sesuai dengan kondisi setempat.
1.4 Tujuan Akhir
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. memahami fungai dasar dan penggunaan keyboard sebagai salah
satu alat input;
2. mengetik 10 jari.
1.5 Cek Kemampuan
Apabila Anda dapat menjawab seluruh soal di bawah ini, silakan
langsung mengambil unit kompetensi selanjutnya.
1.5.1 Soal Teori
1. Yang dimaksud dengan keyboard adalah:
a. Alat untuk melihat hasil ketikan
b. Papan tombol ketik
c. Alat untuk mencetak
d. Program grafik
e. Kunci untuk komputer
2. Pilih dibawah ini yang bukan jenis keyboard secara fisik:
a. Keyboard Serial
b. Keyboard Paralel
c. Keyboard PS/2
d. Keyboard Wireless
e. Keyboard USB

3. Mana hal berikut yang bukan merupakan fungsi dari
keyboard?
a. Menekan tombol panah pada keyboard untuk
menggerakkan kursor
b. Menekan tombol shift untuk menempilkan huruf besar
atau kecil
c. Menekan tombol esc untuk membatalkan perintah
d. Menekan tombol enter untuk menghapus hasil ketikan
e. Menekan tombol page up untuk menggulung tampilan
layar ke atas
4. Jumlah tombol numerik pada keyboard adalah:
a. 9
b. 10
c. 11
d. 17
e. 19
5. Fungsi tombol page down adalah:
a. Menggerakkan kursor ke kanan
b. Menggerakkan kursor ke kiri
c. Menggerakkan kursor ke atas
d. Menggerakkan kursor ke bawah
e. Menggerakkan kursor ke samping
1.5.2 Soal Praktek
1. Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit dengan
menggunakan 10 jari (491 karakter).
Bila Anda ingin sukses dan berhasil membina teknik mengetik
yang baik, maka Anda memerlukan waktu yang cukup pendek
hanya dengan syarat bahwa anda harus mengikuti semua
petunjuk pengajar Anda setiap hari. Terutama pikiran Anda
harus tenang dan relax tanpa memikirkan yang lain-lain,
pusatkanlah perhatian anda pada naskah yang terletak di
meja Anda. Gerakkanlah jari-jari Anda dengan teratur dengan
kecepatan yang sama, usahakanlah bahwa jari-jari Anda tetap
pada garis pangkal.
2. Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 10 menit dengan

menggunakan 10 jari (1090 karakter)
Menteri Radius Prawiro kemarin mengatakan, tekstil
termasuk produk dengan siklus pendek, yaitu cepat ada
pergantian jenis produk karena harus memenuhi selera itu, hasil
produksinya tidak bakal banyak menarik masyarakat konsumen.
Karena itu, pengusaha tekstil dalam negeri harus
mengadakan penelitian lapangan, untuk menentukan jenis disain
yang digemari masyarakat. Berdasarkan penelitian tersebut,
perusahaan dapat membuat disain yang paling digemari. Tetapi
situasi sekarang ini lain, salah satu produk yang digemari
diproduksi sebanyak- banyaknya, melebihi kebutuhan. Sehingga
ketika selera konsumen berubah mengarah ke kualitas yang
lebih bagus, maka tekstil tersebut tinggal tertumpuk tidak mampu
dijual lagi.
Masalah kuantitas dan kualitas, selain untuk pasaran dalam
negeri juga untuk ekspor. Bila kualitas tidak memenuhi syarat
ekspor, tentu tidak laku untuk dipasarkan di luar negeri. Dalam
persaingan di pasaran internasional, produsen Indonesia
sebaiknya memiliki keterampilan, teknologi tinggi serta efisiensi
yang setaraf dalam berproduksi dan manajemen usaha.


2. KEGIATAN BELAJAR 1
2.1 Tujuan
Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang pengertian
komputer serta bagian – bagiannya. Juga akan dibahas mengenai
perangkat input komputer yang paling banyak digunakan, yaitu keyboard.
Sebagai sebuah perangkat input, keyboard memiliki banyak fungsi yang
dijelaskan secara rinci.
Diharapkan setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Anda dapat
memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol yang
terdapat pada keyboard tersebut.
2.2 Organisasi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti
sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
• Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin
penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian
memprosesnya sesuai dengan program yang
tersimpan di memorinya, dan menghasilkan
output berupa informasi.
• Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang
mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input;
- memproses input tadi sesuai dengan programnya;
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
- menyediakan output dalam bentuk informasi
• Sedangkan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu
pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara
cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia.
Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan
seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar